Profil

SK Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa:

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 184/D/O/2010

Tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa (S-1) pada Universitas Sebelas Maret di Surakarta.

Akreditasi:

Belum Akreditasi (baru dibuka pada tahun 2011)

Gelar

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jawa adalah sebuah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang bertugas menghasilkan calon guru dan tenaga profesional dalam bidang bahasa Jawa. Sesuai dengan SK Gubernur Jawa Tengah Nomor XXX tentang Penetapan Bahasa Jawa sebagai muatan lokal pada Lembaga Pendidikan dari tingkat dasar hingga atas, Bahasa Jawa dipersyaratkan memiliki kualifikasi Sarjana Pendidikan dalam bidang Bahasa Jawa. Namun kenyataannya yang ada di lapangan banyak guru bahasa Jawa di sekolah menengah maupun atas yang tidak memiliki kualifikasi yang sesuai. Guru-guru pengampu mata pelajaran Bahasa Jawa di wilayah eks-Karesidenan Surakarta saat ini kebanyakan memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Indonesia. Akibatnya, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang Bahasa Jawa banyak yang tidak sesuai dengan tuntuan kurikulum maupun harapan masyarakat.

Sayangnya, Surakarta sebagai kota budaya dan pusat Bahasa Jawa sampai saat ini belum memiliki LPTK Negeri yang mempunyai Program Studi Bahasa Jawa, bertolak dari gambaran di depan maka pembuakaan Program Studi Bahasa Jawa dirasa cukup mendesak. Mengingat Program Studi Bahasa Jawa satu rumpun dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, maka Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa relevan apabila menjadi bagian dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP UNS.

Pada prodi ini, mahasiswa juga dibekali dengan soft skill, baik yang terintegrasi dalam mata kuliah maupun bisa dipilih melalui Unit kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui mata kuliah, mahasiswa akan mempelajari kepewaraan dan panatacara (mata kuliah penyiaran), pers (mata kuliah jurnalistik), editing (mata kuliah penyuntingan), karawitan dan tembang (mata kuliah tembang jawa),penulisan nasakah kethoprak dan teater tradisi (mata kuliah penyutradaraan) hingga produksi tulis (mata kuliah ketrampilan berbahasa dan Komunitas Pulpen Ijo). UKM yang sejalan dengan program studi ialah UKM UPKD (Unit Pengembangan Kesenian Daerah).

VISI
Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa adalah menyiapkan guru dan tenaga profesional yang berkarakter kuat dan cerdas dalam bidang bahasa dan sastra Jawa yang mampu bersaing baik di tingkat regional maupun nasional serta mampu mengantisipasi perkembangan tuntutan masyarakat dalam era globalisasi dengan tetap berpijak pada nilai-nilai luhur budaya Jawa.

MISI
Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa adalah menghasilkan tenaga guru dan tenaga ahli dalam bidang bahasa dan sastra Jawa yang profesional yang mampu melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa adalah:

1. Menghasilkan tenaga guru bahasa Jawa yang profesional;
2. Menghasilkan tenaga ahli dalam bidang bahasa Jawa;
3. Menghasilkan penelitian dalam bidang bahasa Jawa;
4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Jawa; dan
5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan jangka waktu perkuliahan yang pendek dengan waktu tunggu tidak terlalu
lama sesuai dengan prinsip Teaching University.

Alamat:

Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni

Gedung E Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta
Kampus Kentingan Jl. Ir. Sutami No.36A Jebres Surakarta

E-mail: jawa@fkip.uns.ac.id

Website: jawa.fkip.uns.ac.id

CP:

  1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum (08122646854 / 085725237957)
  2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd (08122641228 / 02717046845)

Video Company Profil Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa :