Penelitian Tahun 2025

Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, FKIP, Universitas Sebelas Maret, melalui Grup Riset Kajian Bahasa dan Budaya Jawa Serta Pengajarannya melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS KONTRASTIF BAHASA JAWA DAN JEPANG DALAM BERBAGAI KONTEKS KOMUNIKASI”. Kegiatan ini melibatkan mitra dari Tenry University, Japan. Adapun dosen mitra yaitu Dra. Eni Sri Budi Lestari, M.A. Riset ini bertujuan untuk mengetahui komparasi antara bahasa Jawa dan Jepang dalam berbagai konteks komunikasi yang ada.

Penelitian Tahun 2021

Penelitian Disertasi Doktor: GRADASI MATERI AJAR MEMBACA BAHASA JAWA UNTUK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Materi ajar adalah komponen yang penting dalam pembelajaran. Materi ajar berfungsi sebagai sarana utama dan sumber belajar yang dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi. Penyusunan materi ajar hendaknya mempertimbangkan beberapa hal seperti karakteristik peserta didik, kompleksitas materi, dan berbagai cara penyajian yang memudahkan peserta didik memahami materi. Namun kenyataan di lapangan, materi ajar membaca bahasa Jawa belum tersusun dengan baik karena belum menggambarkan adanya gradasi materi yang jelas antar jenjang kelas dan overlapping. Materi ajar yang digunakan di sekolah belum dikembangkan dengan mematuhi prinsip pengembangan materi ajar seperti penyajian urutan konsep materi dari sederhana ke kompleks, dari konsep konkret ke abstrak, mulai dari konstruk bacaan terkecil, yaitu huruf, sampai terbesar, yaitu wacana dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Misalnya materi ajar membaca bahasa Jawa untuk kelas I banyak bacaan yang berkonstruk paragraf panjang dan memuat konsep abstrak yang tentu tidak tepat untuk dipelajari oleh siswa kelas I. Hal ini seringkali menyebabkan pembelajaran bahasa Jawa menjadi momok untuk generasi muda. Anak-anak era sekarang banyak yang sudah asing dengan bahasa jawa dan di sekolah bertemu dengan materi ajar yang terlalu sulit untuk usianya sehingga mereka semakin tidak suka dengan pelajaran bahasa Jawa. Oleh karena itu, sangat perlu dilakukan penyusunan gradasi materi ajar membaca bahasa Jawa agar kompetensi membaca yang dicapai di tiap jenjang kelas menjadi jelas dan urut. Kelas rendah sekolah dasar menjadi sasaran penelitian ini karena dianggap paling strategis untuk memulai penataan dan penyusunan gradasi materi ajar membaca bahasa Jawa. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai pijakan untuk penelitian selanjutnya, yaitu menyusun gradasi materi ajar membaca bahasa Jawa di kelas tinggi sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Pada akhirnya nanti akan tersusun materi ajar yang urut dan berkelanjutan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun gradasi materi ajar membaca bahasa Jawa kelas rendah sekolah dasar. Gradasi materi ajar yang disusun selanjutnya akan digunakan sebagai pedoman untuk mengembangkan materi ajar membaca bahasa Jawa yang tepat dan sesuai kebutuhan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang akan dilaksanakan yaitu: 1) Analyze yaitu dengan menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap tersedianya pedoman gradasi materi ajar membaca bahasa Jawa. 2) Design yaitu menyusun gradasi materi ajar membaca bahasa Jawa untuk peserta didik kelas rendah sekolah dasar. 3) Development yaitu mengembangkan materi ajar membaca bahasa Jawa sesuai dengan gradasi materi ajar yang telah disusun. 4) Implementation yaitu tahap mengujicoba produk. 5) Evaluation yaitu memberikan penilaian terhadap hasil uji coba produk. Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini yaitu publikasi internasional di Jurnal terindeks Scopus dan draft disertasi doktor yang telah disetujui oleh promotor dan co-promotor. Luaran penelitian ini yaitu tahun pertama berupa publikasi ilmiah pertama di jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus; tahun kedua berupa publikasi ilmiah kedua di jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus dan draft disertasi yang telah disetujui oleh pembimbing pada akhir penelitian.